Ahli Waris Mengajukan Eksekusi Sriwedari Ke PN Surakarta

image

KOTA SURAKARTA; Ahli waris almarhum RMT Wirjodiningrat melalui kuasa hukumnya mengajukan permohonan eksekusi pengosongan paksa tanah Taman Sriwedari ke Pengadilan Negeri Surakarta, Senin.

Menurut kuasa hukum ahli waris Sriwedari Anwar Rachmad, permohonan eksekusi tersebut diajukan setelah peninjuan kembali (PK) dari Pemerintah Kota Surakarta melalui PN Surakarta ditolak oleh Mahkamah Agung.

"PK yang diajukan Pemkot Surakarta ditolak oleh MK, sebagaimana putusan PK MA No.478-PK/PDT/2015 pada tanggal 10 Februari 2016," kata Anwar Rachmad.

Dengan demikian, kata dia, segala upaya hukum yang dilakukan oleh Pemkot Surakarta atas tanah Sriwedari seluas sekitar 99.889 meter persegi itu selalu kalah.

Ia mengatakan pihaknya mengajukan eksekusi pengosongan paksa tanah Sriwedari tersebut karena penyelesaian secara perundingan tidak dapat dilakukan, terbukti Ketua PN Surakarta telah menerbitkan anmaning No.10/PEN.PDT/EKS/2015/PN SKT, sejak tanggal 31 Agustus 2015. Namun, dalam pertemuan itu belum ada tawaran atau respons dari pihak Pemkot Surakarta.

"PN telah menfasilitas penyelesaian dengan perundingan hingga delapan kali pertemuan, tetapi tidak ada respons dari pihak Pemkot," katanya.

Bahkan, kata dia, pihak pengadilan sempat menawarkan pemkot penyelesai perundingan bagian -bagian mana yang akan diminta akan dikelola untuk dijadikan arena publik. Namun, hal ini tidak ada jawaban dari Pemkot.

Oleh karena itu, ah;i waris tidak ada jalan lain dengan mengajukan permohonan eksekusi pengosongan atas putusan PN Surakarta No.31/Pdt.G/2011/PN SKT jo PT Semarang No.87/Pdt/2012/OT Semarang jo MA RI No.3249-K/PDT/2012 yang berkekuatan hukum tetap.

Selain itu, pihaknya juga mengadukan Pemkot Surakarta kepada Presiden RI, sekaligus memohon perlindungan hukum sengketa tanah Sriwedari yang proses penyelesaiannya sudah berjalan hingga 46 tahun.

Ia menjelaskan ahli waris RMT Wirjodiningrat sebagai pemilih sah tanah seluas 99.889 meter persegi di Jalan Slamet Riyadi Solo, dengan bukti kepemilikan R.V.E. No.:295 dan Akte Assisten Resident Surakarta tanggal 5 Desember 1877 No.69 atas nama RTM Wijodiningrat. Akte jual beli No.10 Tanggal 13 Juli 1877 dibuat notaris Pieter Jacobbus serta turunan peta Kelurahan Sriwedari Blad:10 dikeluarkan Kantor Pendaftaran Tanah Surakarta.

Menurut dia, tanpa persetujuan ahli waris tanah Sriwedari tersebut dikelola oleh Pemkot Surakarta. Ahli waris kemudian mengajukan gugatan ke PN pada tanggal 24 September 1970 hingga sekarang.

FX Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Surakarta terpilih saat dikonfirmasi soal ditolaknya PK Pemkot Surakarta atas kepemilikan tanah Sriwedari oleh MA masih meragukan keputusan itu.

"Kami belum ada hitam di atas putih karena belum menerima putusan MA menolak PK yang diajukan oleh Pemkot," kata Rudyatmo yang akan dilantik menjadi Wali Kota Surakarta periode 2015-2020 oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Semarang, pada Rabu (17/2).

Menurut Rudyatmo, dalam website MA juga belum ada putusan MA yang menolak PK Pemkot atas kepemilikan tanah Sriwedari.

Menyinggung soal bukti baru yang disampaikan Pemkot Surakarta diduga palsu, Rudyatmo mengatakan tidak memberikan keterangan palsu atas novum yang diutarakannya saat menjadi saksi di persidangan pada pengadilan negeri terkait sengketa tanah Sriwedari. Keterangan yang dipaparkan itu resmi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Menurut dia, jika pihaknya dilaporkan ke kepolisian tidak masalah, tetapi pihaknya hingga sekarang belum ada pemanggilan dari pihak Polri.

Tue, 16 Feb 2016 @11:49


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

www.solorayanews.com
image

Solo Raya News

0816676507


Inspirasi Kebangkitan Rakyat
Tamu Kami

Kalender

SERBA SAPI MAS JOKO LEMBU
image

Jl. Penjalinan Godegan, Mojolegi, Teras

( Depan PT. Hanil Indonesia )

 

DAFTAR MENU

Tengkleng                  Rp. 15.000,-

Tongseng                   Rp. 15.000,-

Gule                              Rp. 10.000,-

Oseng Oseng Kikil     Rp. 10.000,-

Kare Bayam Sapi        Rp. 8.000,-

Oseng Boncis Daging  Rp. 8.000,-

Sop Iga                          Rp. 15.000,-

Sop Buntut                     Rp. 20.000,-

Copyright © 2018 · All Rights Reserved