KPU USULKAN PENGAJUAN CALON TUNGGAL DI PERMUDAH

image

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan, pihaknya akan mempermudah persyaratan pencalonan kepala daerah jika terdapat calon tunggal dalam pilkada.

“Kami mengusulkan jika ada calon tunggal pengajuan calon dipermudah, minimal partai politik atau gabungan dapat mengusung calon dengan syarat punya kursi di DPRD dan tidak lagi dibatasi minimal 20 persen,” kata Husni di Padang, Selasa.

Hal itu akan diusulkan dalam revisi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada). Ia menyampaikan hal itu usai tampil sebagai pembicara pada rapat evaluasi penyelenggaraan pemilihan gubernur Sumbar 2015 yang diselenggarakan oleh KPU.

Menurut dia, setiap partai politik yang punya kursi di DPRD setempat memenuhi syarat untuk mengajukan pasangan calon. Kemudian jumlah dukungan calon perseorangan juga diperkecil syaratnya dari minimal tiga persen jumlah penduduk menjadi tiga persen dari jumlah pemilih sehingga jumlahnya berkurang, kata dia.

Ia menjelaskan, calon tunggal terjadi apabila sampai proses pendaftaran selesai yang memenuhi syarat hanya satu pasang calon. “Jika itu terjadi, calon tunggal tetap difasilitasi dalam kampanye dan dibuatkan format suara khusus,” kata dia. Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy menilai partisipasi pemilih pada pilkada serentak 2015 berkurang karena materi kampanye diserahkan kepada KPU. Baliho dan atribut dipasang oleh KPU, apalagi dibebankan dari biaya negara, ke depan harus dikembalikan kepada kandidat.

Lukman juga mengkritik aturan calon kepala daerah yang berstatus sebagai anggota legislatif, PNS, TNI dan Polisi yang wajib mundur ketika mencalonkan diri. “Aturan ini harus diubah karena partisipasi calon menjadi rendah dan menghambat rekrutmen kader pemimpin bangsa,” ujar dia.

Wed, 24 Feb 2016 @02:35


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

www.solorayanews.com
image

Solo Raya News

0816676507


Inspirasi Kebangkitan Rakyat
Tamu Kami

Kalender

SERBA SAPI MAS JOKO LEMBU
image

Jl. Penjalinan Godegan, Mojolegi, Teras

( Depan PT. Hanil Indonesia )

 

DAFTAR MENU

Tengkleng                  Rp. 15.000,-

Tongseng                   Rp. 15.000,-

Gule                              Rp. 10.000,-

Oseng Oseng Kikil     Rp. 10.000,-

Kare Bayam Sapi        Rp. 8.000,-

Oseng Boncis Daging  Rp. 8.000,-

Sop Iga                          Rp. 15.000,-

Sop Buntut                     Rp. 20.000,-

Copyright © 2018 · All Rights Reserved