Peringatan Bulan Bahasa

image

Solorayanew.com, Surakarta, Kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa yang berlangsung Sabtu, 29 Oktober 2016 ini adalah kali pertama diadakan di SMK N 7 Surakarta namun acara dapat berjalan dengan baik dan lancar bahkan boleh dibilang sukses. Kegiatan dimeriahkan dengan 3 ( tiga) bahasa yaitu Indonesia, Inggris dan Jawa  dengan jenis lomba mendongeng, news reading dan geguritan.

Apa yang menyebabkan bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa? Pasti kita juga dapat menjawabnya. Ya, bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa karena pada 28 Oktober 1928 para pendahulu bangsa kita yaitu Bangsa Indonesia mencetuskan Sumpah Pemuda dengan bahasa, bahasa Indonesia, sebagai butir ketiganya. Belakangan, bulan Oktober tidak disebut sebagai bulan bahasa saja, tetapi bulan bahasa dan sastra. Hal Ini seharusnya dilakukan sejak lama. Sebab meskipun bahan dasar sastra merupakan bahasa, kompleksitasnya kadang melampaui bahasa.

Bahasa bagi Muda-Mudi ,Kembali pada sikap para pelajar, laporan yang diberikan para siswa SMK N 7 Surakarta  itu menunjukkan bahwa mereka, mengaku mengetahui kalau bulan Oktober merupakan bulan bahasa, yang mengatakan kalau bulan bahasa itu harus atau perlu dirayakan. Dan dari pertanyaan lanjutan, responden menyebut memilih merayakan bulan bahasa itu dengan menggelar pentas seni dan berbagai lomba.

Hasil liputan sederhana itu ditutup dengan simpulan bahwa perayaan bulan bahasa di beberapa SMK di Surakarta mulai ramai dengan berbagai acara, baik pentas seni, berbagai lomba dan kegiatan membaca. Perayaan baik dalam hal bahasa maupun sastra dianggap perlu guna menanamkan kesadaran pentingnya meningkatkan kualitas berpikir dan menghargai bahasa sendiri. Bulan bahasa sebenarnya bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas berbahasa secara baik (dan kalau bisa benar juga).

Apresiasi dan antusias anak begitu tinggi terbukti dengan penampilan mereka yang cukup bagus, ekspresif dan kreatif. Ada 21 peserta dari 7 jurusan yang masing- masing peserta dipilih oleh kapro tiap jurusan. Para peserta juga didukung dari jurusan masing- masing sehingga   menambah rasa percaya diri untuk tampil lebih bagus dan menarik. Kekompakan, bijaksana,  konsisten dan sportivitas merupakan kriteria bagi jurusan terbaik yang berhak mendapatkan piala bergilir dari ibu Wening Sukmanawati, S.Pd., M.Pd. sebagai kepala sekolah. Demikian kegiatan   memperingati Bulan  Bahasa di SMK N 7 Surakarta. Semoga tahun yang akan datang muncul peserta- peserta baru yang lebih baik lagi dan dengan jenis lomba.

Tetapi jangan hanya sekadar pada bulan tersebut saja. Karena berbahasa merupakan proses yang harus dibiasakan. Semakin terbiasa untuk berbahasa dengan baik, semakin menolong kita untuk terus meningkatkan kualitas berbahasa.

 

 

 

Sun, 30 Oct 2016 @22:26


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

www.solorayanews.com
image

Solo Raya News

0816676507


Inspirasi Kebangkitan Rakyat
Tamu Kami

Kalender

SERBA SAPI MAS JOKO LEMBU
image

Jl. Penjalinan Godegan, Mojolegi, Teras

( Depan PT. Hanil Indonesia )

 

DAFTAR MENU

Tengkleng                  Rp. 15.000,-

Tongseng                   Rp. 15.000,-

Gule                              Rp. 10.000,-

Oseng Oseng Kikil     Rp. 10.000,-

Kare Bayam Sapi        Rp. 8.000,-

Oseng Boncis Daging  Rp. 8.000,-

Sop Iga                          Rp. 15.000,-

Sop Buntut                     Rp. 20.000,-

Copyright © 2018 · All Rights Reserved