Sampah Liar , Ngringo Butuh Pengolahan Sampah dari Pemerintah

image

Solorayanews.com, Karanganyar , Banyaknya Sampah yang dihasilkan warga Desa Ngringo, Jaten , Karanganyar terus meningkat pesat , keadaan ini bisa dilihat akhir-akhir ini. Sementara ini  kapasitas tujuh tempat yang digunakan sebagai tempat  untuk pembuangan sampah (TPS) sementara keberadaannya blum bisa untuk menampung banyaknya sampah-sampah yang dihasilkan warga masyarakat Ngringo  dan keberadaan TPS yg sudah ada  tidak kunjung ditingkatkan.

 

Sementara , limbah rumah tangga kerap meluber ke jalan dan menimbulkan bau tidak sedap yang sangat mengganggu aktivitas warga disekitarnya. Sardiman Kepala Desa Ngringo membeberkan, Desa Ngringo merupakan daerah dengan penduduk terpadat di Karanganyar. Berdasarkan data saat ini , desa tersebut dihuni 28.000 jiwa atau empat kali lipat dibandingkan daerah-daerah yang  lainnya yang ada dikaranganyar.

Akibatnya, dengan banyaknya jumlah penduduk yang tinggal di Desa Ngringo berdampak pada jumlah sampah yang dihasilkan. Setiap hari jumlah sampah yang dibuang mencapai lebih 24 meter kubik yang ditampung pada tujuh TPS. Hanya, kapasitas tempat pembuangan sudah tidak memadai untuk menampung limbah rumah tangga tersebut.

“TPS yang  sudah ada  tidak mampu mengatasi  lagi untuk menampung banyaknya sampah warga. Maka perlu adanya penaganan yang tepat . Hal inipun  harus menjadi perhatian pemerintah, jangan sampai menimbulkan dampak buruk pada kesehatan warga Desa Ngringo,” Tutur  Sardiman, Sehingga akibat keterbatasan kapasitas TPS, warga membuat TPS liar di sekitar pemukiman mereka.

Tidak hanya itu, Jika banyak warga yang nekat membuang sampah langsung ke Sungai Bengawan Solo bisa  berpotensi menimbulkan pendangkalan. Banyaknya  TPS liarpun  dan pembuangan sampah ke sungai akan mengancam ekosistem serta merusak lingkungan.

Saat ini warga benar-benar membutuhkan penanganan cepat terhadap permasalahan sampah didesa Ngringo, agar  dibuatkan tempat pengolahan sampah dan penanganan yang tepat, sehingga tercipta kehidupan yang sehat bagi masyarakat Desa Ngringo khususnya.

Tue, 1 Nov 2016 @16:48


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

www.solorayanews.com
image

Solo Raya News

0816676507


Inspirasi Kebangkitan Rakyat
Tamu Kami

Kalender

SERBA SAPI MAS JOKO LEMBU
image

Jl. Penjalinan Godegan, Mojolegi, Teras

( Depan PT. Hanil Indonesia )

 

DAFTAR MENU

Tengkleng                  Rp. 15.000,-

Tongseng                   Rp. 15.000,-

Gule                              Rp. 10.000,-

Oseng Oseng Kikil     Rp. 10.000,-

Kare Bayam Sapi        Rp. 8.000,-

Oseng Boncis Daging  Rp. 8.000,-

Sop Iga                          Rp. 15.000,-

Sop Buntut                     Rp. 20.000,-

Copyright © 2018 · All Rights Reserved