CURAH HUJAN TINGGI PENGARUHI HARGA SAPI DIPASAR SUNGGINGAN BOYOLALI

image

Suasana Pasar Sapi Sunggingan Boyolali atau biasa disebut Pasar Pahing. (Dok-Red)

 

SOLO RAYA NEWS - Boyolali, Pasar sapi sunggingan boyolali yang dikenal dengan sebutan PASAR PAHING, karena pasar tersebut hanya ber aktivitas dihari Pahing (hitungan jawa), Pasar Pahing ini sangat fenomenal sekali karena masyarakat boyolali setiap hari pahing berbondong – bondong untuk datang ke pasar ini guna menjual atau membeli hewan ternak  mereka pada khususnya sapi, selai itu tidak sedikit dari mereka yang datang hanya meluangkan waktu untuk sekedar melihat – lihat dan hanya ingin tahu perkembangan harga sapi pada saat hari pahing.


Menurut salah satu Belantik sapi (penghubung )jual beli sapi Syamsudin, warga desa Jemowo, Musuk ,Boyolali,“Beberapa pahing ini harga menurun drastis, bahkan banyak dari petani yang mengalami penurunan harga dari saat mereka beli”, ujar Syamsudin Kamis (16-02-2017) kepada Solorayanews.


Solorayanews juga mewawancarai  bapak Samino petani yang menjual sapinya pada pahing ini, “ saya beli sapi saya 2 bulan yang lalu dengan harga Rp.7.300.000,- bersih, sekarang sapi saya terjual Rp.7.100.000,- jadi saya rugi jual Rp.200.000,- belum saya rugi tenaga merawat selama 2 bulan, rugi pakan brand, polar selama 2 bulan, kalao rumput saya tidak beli Cuma rugi tenaga” ujar Bapak Samino Kamis (16-02-2017).


Menurut pegawai dinas pasar hewan Bapak Widodo, “Penurunan harga sapi ini dikarenakan curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan pakan hijau – hijau an melimpah nmun pakan tersebut terhitung masih muda, sehingga mempengaruhi kesehatan hewan, kualitas daging, dan kualitas kulit sapi yang cenderung lebih rapuh”


“Sedangkan populasi sapi yang masuk ke pasar Sunggingan ini juga menurun drastis, biasanya 1.300 an ekor setiap pahing nya, namun beberapa Pahing akhir ini hanya 900 an ekor setiap pahing nya” tambah bapak Widodo Kamis (16-02-2017)


Pasar Hewan Sunggingan atau Pasar Sapi, direncanakan dipindah dari lokasinya saat ini. Terkait pemindahan tersebut, Pemkab Boyolali menyiapkan dua lokasi, salah satunya di wilayah Kecamatan Cepogo.


Rencana pemindahan Pasar Sapi Sunggingan ini dibenarkan Bupati Boyolali, Seno Samodro beberapa waktu yang lalu. Bupati mengatakan, pemindahan Pasar Sapi ini sesuai dengan perkembangan perkotaan di Boyolali. Selain itu, pemindahan akan dilakukan di lokasi yang lebih representatif.


“Sudah kami siapkan lokasinya, ada dua tempat tapi yang mana belum kami putuskan,” ungkap Bupati.


Terkait pemindahan ini, Bupati mengatakan harus dilakukan mengingat lokasi pasar yang saat ini sudah berada di tengah pemukiman masyarakat. Sehingga pasar hewan tersebut saat ini dinilai sudah tidak layak.


Bupati juga menyatakan sudah melakukan komunikasi dengan paguyuban pedagang maupun masyarakat sekitar. Nantinya, lokasi pasar yang lama direncanakan untuk pro investasi, di antaranya bisa dibangun taman kota ataupun pusat perbelanjaan.

Red.YMH(ck-278)

Thu, 16 Feb 2017 @16:09
Tags: boyolali


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

www.solorayanews.com
image

Solo Raya News

0816676507


Inspirasi Kebangkitan Rakyat
Tamu Kami

Kalender

SERBA SAPI MAS JOKO LEMBU
image

Jl. Penjalinan Godegan, Mojolegi, Teras

( Depan PT. Hanil Indonesia )

 

DAFTAR MENU

Tengkleng                  Rp. 15.000,-

Tongseng                   Rp. 15.000,-

Gule                              Rp. 10.000,-

Oseng Oseng Kikil     Rp. 10.000,-

Kare Bayam Sapi        Rp. 8.000,-

Oseng Boncis Daging  Rp. 8.000,-

Sop Iga                          Rp. 15.000,-

Sop Buntut                     Rp. 20.000,-

Copyright © 2018 · All Rights Reserved