Bupati Sragen Surati Dirjen Migas, Minta Bantuan LPG untuk Petani

image

SRAGEN - Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengirim surat ke Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja. Kusdinar mengusulkan kepada Kementerian ESDM agar memberikan bantuan gas LPG untuk petani. 

Bantuan ini diperlukan karena para petani di Sragen banyak yang memakai LPG untuk menghidupkan pompa air pada waktu musim kering. Kuota LPG di Sragen meningkat cukup tinggi saat musim kemarau karena banyaknya petani yang membeli LPG untuk memompa air ke sawah.

Wirat menyambut baik usulan itu. Pihaknya kini sedang mengkaji apakah bantuan paket LPG dapat dibagi-bagikan ke petani. Saat ini bantuan LPG sudah diberikan untuk para nelayan. 

"Kita sudah dapat usulan dari Bupati Sragen, kita dapat surat. Pada musim kering banyak petani menggunakan LPG untuk pompa air ke sawah. Kita sedang mengkaji apa kita bisa memberikan bantuan ke petani kecil. Kita kaji manfaatnya," kata Wirat dalam diskusi di Gedung Migas, Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Wirat menambahkan, bantuan LPG direncanakan akan diberikan kepada para petani kecil dengan luas lahan kurang dari 0,25 hektar (ha) yang sawahnya jauh dari irigasi atau sumber-sumber air lainnya. Dengan begitu, mereka bisa menanam. 

"Kalau kita kasih, pada musim kering mereka bisa bercocok tanam. Petani kecil adalah yang tanahnya kurang dari seperempat hektar," ucapnya. 

Selain Sragen, beberapa pemerintah daerah (pemda) lain juga mengusulkan hal serupa. Kementerian ESDM saat ini sedang menghitung kuota tambahan LPG yang dibutuhkan kalau bantuan ini direalisasikan, jumlah penerimanya, pembagiannya, daerah-daerah yang membutuhkan, dan sebagainya.

"Biasanya di daerah yang kering, kuota LPG jadi melonjak saat kemarau. Yang baru saya ingat Sragen, lumayan tinggi lonjakannya. Kita lagi berkoordinasi juga dengan beberapa bupati," tutupnya. 

Thu, 2 Mar 2017 @03:11
Tags: sragen


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

www.solorayanews.com
image

Solo Raya News

0816676507


Inspirasi Kebangkitan Rakyat
Tamu Kami

Kalender

SERBA SAPI MAS JOKO LEMBU
image

Jl. Penjalinan Godegan, Mojolegi, Teras

( Depan PT. Hanil Indonesia )

 

DAFTAR MENU

Tengkleng                  Rp. 15.000,-

Tongseng                   Rp. 15.000,-

Gule                              Rp. 10.000,-

Oseng Oseng Kikil     Rp. 10.000,-

Kare Bayam Sapi        Rp. 8.000,-

Oseng Boncis Daging  Rp. 8.000,-

Sop Iga                          Rp. 15.000,-

Sop Buntut                     Rp. 20.000,-

Copyright © 2018 · All Rights Reserved