KARANGANYAR: Terhambat Juknis, 2 Bulan Warga Tak Dapat Raskin

image

 

KARANGANYAR - Masyarakat katagori rumah tangga miskin di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sudah dua bulan belum menerima beras miskin (raskin) dari pemerintah yang disalurkan melalui Bulog. Padahal, raskin itu sangat membantu meringankan beban mereka.
Seorang warga Kebak, Karanganyar, Harno mengatakan, dia bersama warga lainnya yang masuk dalam daftar rumah tangga miskin selama kurun Januari-Februari 2017 belum pernah menerima raskin jenis medium yang besarnya 15 kilogram per kepala keluarga.
"Saya sudah tanya ke kelurahan, tapi tidak juga ada kepastian. Kata pihak Kelurahan belum ada putusan dari Pemkab Karanganyar," katanya kepada Okezone, Rabu (1/3/2017).
Senada dengan Harno, Lurah Ngringo Jaten Karanganyar juga belum menerima jatah raskin untuk warganya. Sudah sering warganya datang ke kelurahan untuk menanyakan kapan berasnya datang.
"Lha saya jawab gimana wong kita sendiri juga enggak tahu. Sudah koordinasi di kabupaten juga belum ada kepastian. Malah takutnya saya yang dituduh nanti jual raskin masyarakat," keluh Sandiman.
Sementara Kepala Gudang Bulog Sub Drive Karanganyar, Bramantyo mengatakan, keterlambatan penyaluran raskin bukan karena stoknya di gudang tidak mencukupi. Namun, pihaknya masih menunggu perintah dari pusat.
Saat penyaluran raskin, diperlukan surat perintah alokasi dari Pemkab Karanganyar. Menurutnya, Pemkab mungkin sudah mengajukan, meskipun begitu jika keputusan dari provinsi belum turun, pemkab tidak bisa mengambil keputusan dan pihaknya juga tidak berani mengeluarkan raskin.
"Kita masih menunggu keputusan dari Direksi, dari Gubernur dan surat perintah alokasi dari Pemkab Karanganyar," ujar Bramantyo.
"Sebaiknya jangan terlalu lama menunggu penyalurannya, karena jika disimpan terlalu lama akan berpengaruh pada kualitas beras yang akan di bagikan pada masyarakat," ujar Bramantyo.
Sementara itu Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo menjelaskan, belum didistribusikaan jatah beras raskin pada masyarakat karena masih menunggu petunjuk teknis dari pusat.
"Pemerintah Kabupaten Karanganyar sudah mengajukan surat dan berkoordinasi dengan pihak Bulog. Dan Bulog menunggu petunjuk dari Mensos," jelas Rohadi.
Rohadi juga tegaskan begitu perintah turun, pihaknya akab segera melakukan pendistribusian raskin untuk ada masyarakat yang sempat tertunda.

Thu, 2 Mar 2017 @03:24


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

www.solorayanews.com
image

Solo Raya News

0816676507


Inspirasi Kebangkitan Rakyat
Tamu Kami

Kalender

SERBA SAPI MAS JOKO LEMBU
image

Jl. Penjalinan Godegan, Mojolegi, Teras

( Depan PT. Hanil Indonesia )

 

DAFTAR MENU

Tengkleng                  Rp. 15.000,-

Tongseng                   Rp. 15.000,-

Gule                              Rp. 10.000,-

Oseng Oseng Kikil     Rp. 10.000,-

Kare Bayam Sapi        Rp. 8.000,-

Oseng Boncis Daging  Rp. 8.000,-

Sop Iga                          Rp. 15.000,-

Sop Buntut                     Rp. 20.000,-

Copyright © 2018 · All Rights Reserved